BANK SOAL SEJARAH
KELAS X
1.
Peristiwa sejarah hanya sekali terjadi. Pernyataan ini menunjukkan sejarah
merupakan peristiwa yang…
a. penting
b. sakral
c. abadi
d. unik
e. Utuh
a. penting
b. sakral
c. abadi
d. unik
e. Utuh
2. Sejarawan dapat menyusun peristiwa
peristiwa masa lampau menjadi
kisah
yang menarik berdasarkan…
a. imajinasi si penulis
b. sumber-sumber benda pada masa lalu
c. jejak-jejak yang ditinggalkan
d. ramalan para tokoh-tokoh sejarawan
e. kritik dan interpretasi penulis
a. imajinasi si penulis
b. sumber-sumber benda pada masa lalu
c. jejak-jejak yang ditinggalkan
d. ramalan para tokoh-tokoh sejarawan
e. kritik dan interpretasi penulis
3. Unsur-unsur sejarah berikut yang paling
dapat memengaruhi perubahan
ialah…
a.
unsur perilaku manusia
b. unsur alam
c. unsur waktu
d. unsur ruang
e. unsur lingkungan sosial
b. unsur alam
c. unsur waktu
d. unsur ruang
e. unsur lingkungan sosial
4. Pengajaran sejarah di sekolah-sekolah
sangat penting, sebab dapat
mendorong
tumbuhnya semangat
nasionalisme. Hal ini termasuk manfaat sejarah memberi
a. pendidikan
b. pengajaran
c. kesadaran bangsa
d. ilham
e. Hiburan
a. pendidikan
b. pengajaran
c. kesadaran bangsa
d. ilham
e. Hiburan
5. Tujuan konsep periodesasi dalam ilmu
sejarah adalah…
a. mempermudah seseorang meneliti
a. mempermudah seseorang meneliti
suatu peristiwa sejarah
b. memengaruhi berbagai peristiwa
b. memengaruhi berbagai peristiwa
sejarah
c. mempermudah pemahaman
c. mempermudah pemahaman
sejarah
d. menunjukkan bukti dari suatu
d. menunjukkan bukti dari suatu
peristiwa sejarah
e. memahami perkembangan
e. memahami perkembangan
perkembangan sejarah
6. Dasar penentuan pembabakan waktu dalam sejarah
bervariasi, yakni dapat ditentukan oleh faktor-faktor berikut, kecuali…
a. waktu
b. ruang
c. ekonomi
d. politik
e. mistik
a. waktu
b. ruang
c. ekonomi
d. politik
e. mistik
7. Mempelajari sejarah berguna sebagai
pesona perlawatan. Hal ini
termasuk
manfaat…
a.
memberi pelajaran
b. memberi pengajaran
c. memberi pendidikan
d. memberi ilham
e. memberi hiburan
b. memberi pengajaran
c. memberi pendidikan
d. memberi ilham
e. memberi hiburan
8. Memahami sejarah sebagai apa adanya,
dikenal dengan istilah…
a.
historie – realite
b. historie – recite
c. historie – precepite
d. historie – repete
e. historie – subjective
b. historie – recite
c. historie – precepite
d. historie – repete
e. historie – subjective
9. Pembabakan waktu dalam ilmu sejarah
dikenal dengan nama…
a.
kronik
b. kronologi
c. interpretasi
d. pemaparan
e. periodesasi
b. kronologi
c. interpretasi
d. pemaparan
e. periodesasi
10. Mempelajari sejarah juga berguna
untuk menumbuhkan semangat
nasionalisme.
Hal ini termasuk manfaat.
a. memberi pendidikan
b. memberi pelajaran
c. memperkuat identitas bangsa
d. memberi ilham
e. memberi hiburan
a. memberi pendidikan
b. memberi pelajaran
c. memperkuat identitas bangsa
d. memberi ilham
e. memberi hiburan
11. Maksud dari sejarah
berkesinambungan adalah…
a. sejarah selalu berkaitan dengan
a. sejarah selalu berkaitan dengan
sebab akibat
b. peristiwa sejarah menyangkut
b. peristiwa sejarah menyangkut
masa lampau, masa kini
dan
yang akan datang
c. kisah sejarah itu berdiri sendiri
d. masa lampau dilukiskan secara urut
c. kisah sejarah itu berdiri sendiri
d. masa lampau dilukiskan secara urut
dalam kurun waktu
e. kebenaran bersifat sementara, sebab masih
e. kebenaran bersifat sementara, sebab masih
perlu adanya
penelitian untuk mencari
kebenaran yang hakiki
12. Ilmu sejarah selalu mengikuti perkem-
bangan gerak kemajuan
manusia serta kebudayaannya. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu sejarah bersifat…
a.
statis
b. tetap
c. maju
d. dinamis
e. tidak bergerak
b. tetap
c. maju
d. dinamis
e. tidak bergerak
13. Fungsi pengajaran sejarah juga terlihat
dari ungkapan dalam
bahasa Latin “historia vitae “magistra” yang artinya…
a. sejarah memberikan pelajaran
b. sejarah menyenangkan
c. sejarah sebagai guru kehidupan
d. sejarah pengalaman hidup
e. sejarah penerang kegelapan
a. sejarah memberikan pelajaran
b. sejarah menyenangkan
c. sejarah sebagai guru kehidupan
d. sejarah pengalaman hidup
e. sejarah penerang kegelapan
14. Belajar sejarah sangat besar
manfaatnya bagi suatu bangsa, sebab…
a. dapat memahami kehidupan
a. dapat memahami kehidupan
manusia di masa lampau
b. dapat mengenal peristiwa yang
b. dapat mengenal peristiwa yang
terjadi di masa lampau
c. dapat memahami gambaran secara
c. dapat memahami gambaran secara
jelas kehidupan suatu
bangsa pada
masa lampau
d. dapat mengenal tokoh-tokoh
d. dapat mengenal tokoh-tokoh
sejarah di masa lampau
e. dapat dijadikan pedoman kehidupan
e. dapat dijadikan pedoman kehidupan
suatu bangsa dalam menyongsong
masa depannya
15. Tradisi/adat istiadat diwariskan kepada seorang anak
melalui…
a. intensifikasi
b. stratifikasi
c. humanisasi
d. sosialisasi
e. Eliminasi
a. intensifikasi
b. stratifikasi
c. humanisasi
d. sosialisasi
e. Eliminasi
16. Tujuan masyarakat mewariskan masa lampaunya kepada generasi
muda adalah…
a. agar generasi sekarang dapat
a. agar generasi sekarang dapat
membuat silsilah
keluarga
b. agar generasi selanjutnya dapat
b. agar generasi selanjutnya dapat
memperbaiki masa lalu
tersebut
c. agar pengetahuan generasi sekarang
c. agar pengetahuan generasi sekarang
bertambah
d. agar generasi sekarang dapat hidup
d. agar generasi sekarang dapat hidup
sejahtera
e. agar generasi berikutnya dapat
e. agar generasi berikutnya dapat
melanjutkan masa lalu
tersebut
17. Kritik intern terhadap peninggalan sejarah ditujukan pada...
a. isi dari suatu peninggalan sejarah
b. keaslian suatu peninggalan sejarah
c. ketuaan suatu peninggalan sejarah
d. objektivitas penyusunan kisah sejarah
e. kebenaran penyusunan kisah
a. isi dari suatu peninggalan sejarah
b. keaslian suatu peninggalan sejarah
c. ketuaan suatu peninggalan sejarah
d. objektivitas penyusunan kisah sejarah
e. kebenaran penyusunan kisah
sejarah yang dilakukan seorang sejarawan
18. Adanya legenda tentang makhluk halus seperti hantu termasuk…
a. legenda keagamaan
b. legenda perorangan
c. legenda setempat
d. legenda tentang alam lain
e. legenda alam ghaib
a. legenda keagamaan
b. legenda perorangan
c. legenda setempat
d. legenda tentang alam lain
e. legenda alam ghaib
19. Sumber sejarah berikut ini merupakan sumber tertulis, kecuali...
a. dokumen
b. babad
c. kronik
d. relief
e. surat kabar
a. dokumen
b. babad
c. kronik
d. relief
e. surat kabar
20. Historiografi kolonial biasanya ditulis oleh…
a. orang-orang Indonesia, maka
a. orang-orang Indonesia, maka
sifatnya Indonesia
sentris
b. orang-orang daerah koloni, maka
b. orang-orang daerah koloni, maka
sifatnya kolonial
sentris
c. para pujangga istana, maka sifatnya
c. para pujangga istana, maka sifatnya
istana sentris
d. para penulis Belanda, maka
d. para penulis Belanda, maka
sifatnya Nederland
sentris
e. orang-orang Belanda dengan
e. orang-orang Belanda dengan
menggunakan metode wawancara dengan orang-orang di tanah
koloni
21. Contoh-contoh di bawah ini yang
termasuk legenda setempat
adalah…
a. Cerita Sangkuriang dan Roro
a. Cerita Sangkuriang dan Roro
Jonggrang
b. Cerita Panji dan Jayaprana
c. Nyi Roro Kidul dan Joko Tarub
d. Cerita Sundel Bolong dan
b. Cerita Panji dan Jayaprana
c. Nyi Roro Kidul dan Joko Tarub
d. Cerita Sundel Bolong dan
Genderuwo
e. Cerita Calon Arang dan Mpu
e. Cerita Calon Arang dan Mpu
Baradha
22. Adat dan tata cara penguburan di
Indonesia beraneka ragam. Upacara
penguburan yang mempunyai
beberapa tahapan biasanya
dilakukan
oleh masyarakat/suku di bawah
ini,
kecuali…
a. Nias
b. Batak
c. Sumba
d. Toraja
e. Jawa
a. Nias
b. Batak
c. Sumba
d. Toraja
e. Jawa
23. Salah satu sifat historiografi tradisional
adalah religio sentris, artinya…
a. segala sesuatu dipusatkan pada raja
b. dihubungkan dengan hal-hal ghaib
c. raja dianggap memiliki kharisma
d. dihubungkan dengan hal-hal takhayul
e. yang dibicarakan hanyalah golongan
a. segala sesuatu dipusatkan pada raja
b. dihubungkan dengan hal-hal ghaib
c. raja dianggap memiliki kharisma
d. dihubungkan dengan hal-hal takhayul
e. yang dibicarakan hanyalah golongan
bangsawan
24. Dibawah ini yang tidak termasuk
sumber sejarah
adalah...
a. sumber lisan
b. sumber tulisan
c. sumber primer
d. sumber benda
e. sumber gossip
a. sumber lisan
b. sumber tulisan
c. sumber primer
d. sumber benda
e. sumber gossip
25. Berikut adalah contoh – contoh dari
karya sejarah berupa tradisi
lisan yang
dikembangkan oleh masyarakat
sebelum
mengenal tulisan, kecuali...
- Legenda asal-usul masyarakat pulau Nias
- Legenda yang menceritakan
kesaktian para wali
- Kisah sejarah Singasari dan
Majapahit yang terdapat dalam
Pararaton
- Legenda asal-usul masyarakat
Tengger disekitar Gunung Bromo,
Jawa Timur
e. Kitab Babad tanah jawi
e. Kitab Babad tanah jawi
26. Dalam kitab Pararaton Ken Arok digambarkan sebagai titisan Dewa Wisnu dan
putera dari…
a. Dewa Brahma dengan Ken Umang
b. Dewa Brahma dengan Ken Endok
c. Dewa Brahma dengan Ken Dedes
d. Dewa Siwa dengan Ken Endok
e. Dewa Siwa dengan Ken Umang
a. Dewa Brahma dengan Ken Umang
b. Dewa Brahma dengan Ken Endok
c. Dewa Brahma dengan Ken Dedes
d. Dewa Siwa dengan Ken Endok
e. Dewa Siwa dengan Ken Umang
27. Langkah-langkah metode sejarah secara berurutan ialah…
a. heuristik, kritik, penulisan dan analisis
b. kritik, heuristik, analisis dan penulisan
c. kritik, heuristik, penulisan dan
a. heuristik, kritik, penulisan dan analisis
b. kritik, heuristik, analisis dan penulisan
c. kritik, heuristik, penulisan dan
penyajian
d. heuristik, kritik, interpretasi dan
d. heuristik, kritik, interpretasi dan
penulisan
e. heuristik, kritik, penulisan dan
e. heuristik, kritik, penulisan dan
pemahaman
28. Pengertian interpretasi yang benar adalah…
a. menafsirkan sumber sejarah hingga
a. menafsirkan sumber sejarah hingga
mendapatkan fakta sejarah
b. menafsirkan fakta-fakta sejarah dan
b. menafsirkan fakta-fakta sejarah dan
menyusunnya secara
kronologis
c. menafsirkan fakta-fakta sejarah
c. menafsirkan fakta-fakta sejarah
dalam
kaitannya antara fakta yang
satu dengan
fakta yang lain,
sehingga
mendapatkan hubungan
kausal
rasional
d. melakukan
seleksi sejarah
e. mendeskripsikan peristiwa sejarah
e. mendeskripsikan peristiwa sejarah
29. Untuk dapat menulis kembali kejadian
masa lampau menjadi suatu kisah
yang
mudah dipahami dan menarik diperlukan…
a.
kerja keras
b. pengalaman
c. metode
d. inspirasi
e. Penalaran
b. pengalaman
c. metode
d. inspirasi
e. Penalaran
30. Penyelidikan terhadap suatu masalah
secara seksama dan teliti
dikenal dengan
nama…
a. observasi
b. penyelidikan mendalam
c. penelitian
d. pelacakan
e. Penafsiran
a. observasi
b. penyelidikan mendalam
c. penelitian
d. pelacakan
e. Penafsiran
31 . Tahapan kritik intern dan ekstern
dalam metodologi sejarah disebut juga…
a. heuristik
b. verifikasi
c. interpretasi
d. historiografi
e. Intensifikasi
a. heuristik
b. verifikasi
c. interpretasi
d. historiografi
e. Intensifikasi
32. Sebelum adanya empat langkah yang
ada dalam metode sejarah, maka
ada
satu kegiatan yang penting
untuk
mengadakan penelitian
sejarah, yakni…
a. menerangkan topik/judul
b. pemilihan judul/topik
c. pengumpulan sumber
d. konsultasi judul/topik
e. membaca buku-buku referensi
a. menerangkan topik/judul
b. pemilihan judul/topik
c. pengumpulan sumber
d. konsultasi judul/topik
e. membaca buku-buku referensi
33. Agar para pembaca kisah sejarah merasa
seolah-olah mengalami sendiri
peristiwa
yang dikisahkan, maka ketika menyusun
kisah sejarah seorang sejarawan
juga
melibatkan unsur…
a. fakta
b. emosi
c. teori
d. logika
e. intuisi \
a. fakta
b. emosi
c. teori
d. logika
e. intuisi \
34. Buku Drs. Moh. Hatta dengan judul
Sekitar Proklamasi termasuk
ke dalam
sumber sejarah…
a. sumber lisan
b. sumber informal
c. sumber primer
d. sumber sekunder
e. sumber formal
a. sumber lisan
b. sumber informal
c. sumber primer
d. sumber sekunder
e. sumber formal
35. Sumber sejarah yang berasal dari
keterangan langsung dari
pelaku sejarah
disebut…
a. sumber sekunder
b. sumber primer
c. sumber lisan
d. sumber benda
e. sumber tersier
a. sumber sekunder
b. sumber primer
c. sumber lisan
d. sumber benda
e. sumber tersier
36. Peristiwa pengeboman kota Hiroshima
dan Nagasaki oleh Sekutu pada
tahun 1945
dianggap sebagai salah satu…dalam
sejarah
a. cold fact
b. hard fact
c. mental fact
d. social fact
e. soft fact
a. cold fact
b. hard fact
c. mental fact
d. social fact
e. soft fact
37.Dilihat dari wilayahnya, Peristiwa Perang
Dunia II merupakan salah satu contoh
dari…
a. sejarah sosial
b. sejarah ekonomi
c. sejarah lokal
d. sejarah nasional
e. sejarah dunia
a. sejarah sosial
b. sejarah ekonomi
c. sejarah lokal
d. sejarah nasional
e. sejarah dunia
38. Sejarah yang lebih menekankan pada
ide-ide atau nlai-nilai yang
mempunyai
pengaruh dalam kehidupan
berbangsa
dan bernegara adalah…
a. sejarah sosial
b. sejarah politik
c. sejarah ekonomi
d. sejarah intelektual
e. sejarah keluarga
a. sejarah sosial
b. sejarah politik
c. sejarah ekonomi
d. sejarah intelektual
e. sejarah keluarga
39. Tahapan dimana sejarawan menyusun
kisah sejarah berdasarkan
kaidah dan
norma-norma yang berlaku
disebut…
a. historiografi
b. verifikasi
c. interpretasi
d. heuristik
e. Analisis\
a. historiografi
b. verifikasi
c. interpretasi
d. heuristik
e. Analisis\
40. Pecahnya perang Kerajaan Mataram yang
berlangsung pada tahun
1755-1757
dikisahkan dalam…
a. Babad Tuban
b. Hikayat Hasanuddin
c. Babad Tanah Jawi
d. Babad Giyanti
e. Pararaton
a. Babad Tuban
b. Hikayat Hasanuddin
c. Babad Tanah Jawi
d. Babad Giyanti
e. Pararaton
41. Tradisi tulisan di Indonesia pada masa
Islam dibuktikan dengan
banyaknya
karya-karya
sejarah pada masa itu, diantaranya
adalah…
a. Pararaton
b. Nagarakretagama
c. Ramayana
d. Mahabharata
e. Hikayat Hasanuddin
a. Pararaton
b. Nagarakretagama
c. Ramayana
d. Mahabharata
e. Hikayat Hasanuddin
42. Kjokkenmodinger merupakan salah satu
peralatan yang ditemukan pada
zaman
batu.Kjokkenmodinger adalah…
a. rumah tinggal yang berupa celah
a. rumah tinggal yang berupa celah
celah batu karang
b. sampah-sampah
dapur yang
terdiri dari kulit kerang
c. bukit batu karang di sepanjang
c. bukit batu karang di sepanjang
pantai Sumatera Timur
d. sisa-sisa makanan yang terdiri dari
d. sisa-sisa makanan yang terdiri dari
tulang belulang ikan
e. gua-gua tempat tinggal manusia
e. gua-gua tempat tinggal manusia
purba zaman Mesolithikum
43. Sistem kepercayaan animism
mempunyai keyakinan…
a. semua benda mempunyai kekuatan
b. orang yang meninggal akan hidup d
a. semua benda mempunyai kekuatan
b. orang yang meninggal akan hidup d
alam lain
c. semua kekuatan alam dapat
c. semua kekuatan alam dapat
mempengaruhi jiwa manusia
d. orang yang telah meninggal akan
d. orang yang telah meninggal akan
melindungi keluarga yang
hidup
e. roh nenek moyang selalu dapat
e. roh nenek moyang selalu dapat
dipanggil untuk diminta nasehatnya
44. Contoh hasil kebudayaan zaman
Paleolitikum adalah…
a. nekara dan moko ---- masa perunggu
b. candrasa dan moko --- masa
a. nekara dan moko ---- masa perunggu
b. candrasa dan moko --- masa
perunggu
c. pebble dan flakes --- mesolithikum
d. chopper dan flakes
e. kapak lonjong dan kapak persegi---
c. pebble dan flakes --- mesolithikum
d. chopper dan flakes
e. kapak lonjong dan kapak persegi---
neolithikum
45. Perhatikan data dibawah ini:
1. hidup berkelompok
2. berpindah satu daerah ke daerah lain
3. bertempat tinggal sementara dalam gua
4. alat batu disebut pebble
5. membangun tempat pemujaan “menhir”
Ciri-ciri kehidupan tersebut yang merupakan ciri kehidupan manusia purba pada masa Food Gathering adalah…
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
46. Pembagian kerja di kalangan manusia
purba pada masa
berburu didasarkan pada…
a. umur
b. jenis kelamin
c. kekuasaan
d. kedudukan
e. besar kecilnya tubuh
a. umur
b. jenis kelamin
c. kekuasaan
d. kedudukan
e. besar kecilnya tubuh
47. Salah satu bangunan Megalitikum berupa tugu batu besar
yang terbuat dari batu inti dan masih kasar adalah…
a. Yupa
b. Dolmen
c. menhir
d. nisan kubur
e. Sarkofagus
a. Yupa
b. Dolmen
c. menhir
d. nisan kubur
e. Sarkofagus
48. Seni bangunan Indonesia yang menjadi
dasar dalam pembuatan candi
adalah…
a. menhir
b. dolmen
c. sarkofagus
d. nekara
e. punden berundak-undak
a. menhir
b. dolmen
c. sarkofagus
d. nekara
e. punden berundak-undak
49. Dari beberapa temuan jenis manusia
purba di Indonesia yang paling
mendekati jenis manusia
sekarang
adalah…
a. Homo Sapiens
b. Homo Soloensis
c. Pithecanthropus Erectus
d. Pithecanthropus Mojokertensis
e. Meganthropus Paleojavanicus
a. Homo Sapiens
b. Homo Soloensis
c. Pithecanthropus Erectus
d. Pithecanthropus Mojokertensis
e. Meganthropus Paleojavanicus
50. Manusia purba pertama yang
ditemukan di Indonesia oleh Von
Ritschotten pada tahun 1889,
kemudian
diteliti oleh Eugene Dubois
adalah…
a. Homo Soloensis
b. Homo Wajakensis
c. Pithecanthropus Erectus
d. Meganthropus Paleojavanicus
e. Pithecanthropus Mojokertensis
a. Homo Soloensis
b. Homo Wajakensis
c. Pithecanthropus Erectus
d. Meganthropus Paleojavanicus
e. Pithecanthropus Mojokertensis
51. Manusia pendukung kebudayaan
Mesolithikum yang juga
merupakan
nenek moyang suku bangsa Papua
adalah…
a. Aborigin
b. Weddoid
c. Australoid
d. Proto-Melayu
e. Papua Melanesoid
a. Aborigin
b. Weddoid
c. Australoid
d. Proto-Melayu
e. Papua Melanesoid
52. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. kelompok masyarakat berkembang
dengan pesat
2. hasil budayanya telah dihaluskan
3. hidup berkelompok 3 sampai 10 orang
4. belum bertempat tinggal tetap
5. hasil budayanya terbuat dari batu kasar
Dari data di atas, yang merupakan ciri-ciri
2. hasil budayanya telah dihaluskan
3. hidup berkelompok 3 sampai 10 orang
4. belum bertempat tinggal tetap
5. hasil budayanya terbuat dari batu kasar
Dari data di atas, yang merupakan ciri-ciri
masyarakat
berburu adalah…
a.
1, 2, dan 3
b.
2,3, dan 4
c.
1,2, dan 5
d.
3,4, dan 5
e.
1,3, dan 5
53. Masa perundagian mempunyai ciri khas
yang menonjol yaitu
masyarakatnya
telah mengenal adanya…
a. uang
b. pelayaran
c. kepercayaan
d. pertukangan
e. Perdagangan
a. uang
b. pelayaran
c. kepercayaan
d. pertukangan
e. Perdagangan
54. Cap tangan dengan warna merah pada
lukisan gua berarti…
a. kekuatan mencegah roh jahat—cap
a. kekuatan mencegah roh jahat—cap
tangan manusia sebatas lengan
dengan kelima jari masih lengkap
b. penghormatan nenek moyang
c. menandakan sikap berkabung---cap
b. penghormatan nenek moyang
c. menandakan sikap berkabung---cap
tangan, yang salah satu jarinya
terpotong
atau mengalami mutilasi
d. melambangkan gambar perahu
e. menggambarkan kekuatan alam
d. melambangkan gambar perahu
e. menggambarkan kekuatan alam
55. Kebiasaan beternak dan memelihara
hewan dilakukan pada masa…
- Awal prasejarah
- Bercocok tanam
- Zaman batu tua
- Berburu dan meramu
- Awal peradaban
56. Kebudayaan Indonesia pada masa
perunggu dipengaruhi oleh
kebudayaan…
- Mesir
- India’
- Dongson
- Bacson Hoabinh
- Yunani
57. Penggunaan alat seperti kapak genggam, alat
dari tulang dan tanduk ataupun pebbles
diperkirakan berasal dari jenis manusia
purba ...
a.
Meganthropus
Palaeojavanicus
b. Pithecanthropus robustus
c.
Sinanthropus
Pekinensis
d.
Pithecanthropus
Erectus
e.
Homo
Wajakensis
58.
Salah satu tempat tinggal manusia zaman
batu madya adalah berupa gua atau cerung tempat tinggal
manusia yang disebut dengan nama….
a.
cerung
karang
b.
abris
sous roche
c.
roche
shelter
d.
kjokkenmoddinger
e.
Flakes
59.
Masyarakat sudah mengenal berbagai
upacara. Salah satunya adalah upacara penguburan yang dibuktikan
dengan adanya peninggalan berupa…
a.
punden
berundak-undak
b.
dolmen
c.
medalion
d.
Menhir
e.
sarcopagus
60.
Peninggalan budaya prasejarah merupakan warisan
yang tidak ternilai bagi kehidupan
sekarang, oleh karena itu harus...
a.
disimpan
hati-hati dalam lemari besi
b.
didokumentasikan
agar dapat menarik wisatawan mancanegara
c.
disimpan dan
dilestarikan untuk dipelajari
d.
disimpan untuk
cadangan devisa negara
e.
diteliti untuk
kepentingan para pemimpin pemerintah
61. Perhatikan data berikut ini !
1) Alat
cetakan dari tanah liat
2) Menggunakan lilin
sebagai model
3) Menggabungkan dua sisi
cetakan
4) Sesudah logam membeku
cetakan dipecah
5) Sesudah membeku dua sisi
cetakan dilepaskan
Dari
data tersebut yang merupakan ciri
teknik
a cire perdue adalah ....
a.
1), 2), dan 4)
b.
1), 3), dan 4)
c.
2), 3), dan 4)
d.
2), 4), dan 5)
e.
2), 3), dan 5)
62.
Kegiatan
bercocok tanam yang pertama kali dikembangkan adalah sistem ...
a.
Bersawah
b.
irigasi
c.
Berladang
d.
berkebun
e.
Berhuma
63. Dari
hasil penyelidikan Van Stein Callenfels di gua Lawa Sampung dapat diketahui
bahwa manusia purba menggunakan gua sebagai tempat tinggal yang dikenal dengan
.......
a. chopper
b. kjokkenmodinger
c. pabble
d. abris sous roche
e. flakes
64. Fosil manusia purba yang pemah ditemukan di Indonesia dan
pernah dianggap sebagai missing link dari teori evolusi Charles Darwin
adalah jenis ...
A.
Pithecanthropus
Robustus
B.
Pithecanthropus Erectus
C.
Meganthropus
Palaeojavanicus
D.
Hono Soloensis
E.
Homo Wajakensis
65. Perhatikan data berikut !
1)
menghasilkan peralatan
dari batu kasar
2)
hasil utama kapak persegi
dan kapak
lonjong
3)
banyak bangunan dari
batu-batu besar
4)
mempunyai kepercayaan
terhadap arwah
nenek
moyang
5)
menitikberatkan pada
kebudayaan yang
bercorak
religi
Dari
data tersebut yang merupakan ciri
kebudayaan megalithikum adalah ....
a. 1), 2) dan 3)
b. 5), 3) dan 1)
c. 2), 3) dan 4)
d. 4), 3) dan 1)
e. 3), 4) dan 5)
66. Pernyataan yang tepat mengenai
Kjokken Modinger adalah ....
a. merupakan peninggalan
kebudayaan
neolithikum yang berarti gua di
batu
karang
b. merupakan hasil kebudayaan pada masa mesolithikum yang banyak
ditemukan di Sumatera
c. hasil kebudayaan yang berupa
sampah
dapur pada masa mesozoikum
d. merupakan hasil kebudayaan
mesolithikum
yang ditemukan oleh E. Dubois
e. merupakan hasil kebudayaan
mesolithikum yang berfungsi
sebagai
tempat tinggal
67. Fungsi candrasa adalah
a. untuk upacara dan tanda
kebesaran
b. alat perang dan perhiasan
c. tanda kebesaran dan alat perang
d. untuk menebang pohon
e. alat perang dan pertanian
68. Keturunan bangsa Deutro Melayu di Indonesia adalah .....
a.
Dayak, Batak dan
Toraja
b.
Batak, Bugis dan
Melayu
c.
Dayak, Jawa dan
Toraja
d.
Bugis, Melayu dan
Jawa
e.
Bugis, Jawa dan
Toraja
69. Peninggalan
budaya prasejarah merupakan warisan yang tidak ternilai bagi kehidupan sekarang, oleh karena itu harus...
a.
disimpan hati-hati dalam lemari besi
b.
didokumentasikan agar dapat menarik wisatawan
mancanegara
c.
disimpan dan dilestarikan untuk dipelajari
d.
disimpan untuk cadangan devisa negara
e.
diteliti untuk kepentingan para pemimpin
pemerintah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar